”The ”The

Gedung Fakultas Teknik Disterilisasi

Mahasiswa Dihimbau Jangan Pulang Kampung

 

 
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 14 65 2183430 universitas-brawijaya-siapkan-kuliah-online-dan-imbau-mahasiswanya-tak-pulang-kampung-UsuL0qOHbK.jpgRektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)
 
 
 

KOTA MALANG,  KALTIM AMPUNKU – Universitas Brawijaya (UB) menyiapkan langkah setelah satu mahasiswanya dinyatakan dalam pengawasan korona dan menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Saiful Anwar.

Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan skenario terburuk bila hasil tes laboratorium medis keluar. Namun pihaknya akan merapatkan terlebih dahulu dengan pihak Satgas Covid-19 yang dibentuk rektorat Universitas Brawijaya.

“Kami besok malam (Minggu malam) akan rapat dulu dengan Satgas Covid-19. Dari Satgas sudah merekomendasikan beberapa hal yang jadi bahan rapat kita nantinya,” ucap Nuhfil Hanani, saat konferensi pers pada Sabtu (14/3/2020).

Nuhfil memastikan kegiatan perkuliahan termasuk kegiatan Ujian Tengah Semester (UTS) yang sedianya dilakukan Senin 15 Maret 2020 tetap berlangsung seperti biasa, hanya dengan kemasan berbeda.

“Ada beberapa kemungkinan, mau online (kuliah dan UTS) boleh, mau datang boleh, tapi dengan standar kesehatan tertentu. Untuk UTS bisa saja take home (UTS). Mereka datang ngambil (di kampus) soal terus dikerjakan di rumah, dikembalikan ke sini lagi. Itu kan lebih aman,” ucapnya.

Gedung Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

Namun, bila dimungkinkan penyelenggaraan UTS secara online, Nuhfil meminta mahasiswanya dari luar Malang untuk tidak pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Lebih baik mahasiswa semuanya tetap di Malang jangan pulang ke rumah masing-masing. Nanti kalau pulang di daerahnya yang terjangkit, dia kena (virus korona-red) lalu balik ke Malang, akhirnya di sini (di Malang-red) nular. Padahal di Malang masih aman belum kena,” tuturnya.

Sebelumnya, setelah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya dinyatakan dalam pengawasan terkait virus korona, pihak kampus telah melakukan sterilisasi Gedung Jurusan Teknik Industri.

Sepanjang hari Sabtu tak ada aktivitas apapun baik perkuliahan maupun aktivitas kemahasiswaan lainnya. Bahkan sejumlah petugas keamanan dan staf juga satupun tak tampak di lokasi Gedung Teknik Industri. Hanya beberapa mahasiswa yang tampak berada di kawasan sekitar Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Mahasiswanya Dalam Pengawasan Korona, Universitas Brawijaya Sterilisasi Gedung Fakultas Teknik

 

 

 
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 14 65 2183312 mahasiswanya-dalam-pengawasan-korona-universitas-brawijaya-sterilisasi-gedung-fakultas-teknik-Thgn0LMLmB.jpgGedung Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, sepi aktivitas, Sabtu (14/3/2020). (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)
 
 
 
Adanya satu mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB) Malang yang dalam pengawasan masuk ruang isolasi RSUD Saiful Anwar lantaran diduga terjangkit virus korona membuat tim Satgas Covid-19 UB merekomendasikan sejumlah kebijakan.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Universitas Brawijaya, Aukhri Yudha Nagara menyatakan, telah merekomendasikan kepada pihak rektor Universitas Brawijaya untuk melakukan sejumlah langkah pencegahan.

“Kita mengambil langkah kewaspadaan dengan mengisolasi dan melakukan disinfektan atau sterilisasi Gedung Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik untuk sementara waktu,” ucap Aukhri saat konferensi pers, pada Sabtu (14/3/2020).

Aukhri juga menyebut, pihak rektorat memberikan wewenang sosialisasi pencegahan melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna menyosialisasikan pencegahan di lingkup civitas akademi Universitas Brawijaya.

 

Universitas Brawijaya memberikan keterangan pers terkait mahasiswanya yang dikabarkan suspect korona. (Foto : Okezone.com/Avirista Midaada)

“Satgas Covid-19 ini ditugaskan melakukan sosialisasi edukasi, promosi, dan pencegahan penyebaran Covid-19 ke civitas akademi Universitas Brawijaya,” kata Aukhri.

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya Prof Nuhfil Hanani mengungkapkan, meski menerima rekomendasi penyemprotan disinfektan dan isolasi Gedung Jurusan Teknik Industri, pihaknya tidak menutup kampus secara menyeluruh.

“Kita tidak membuat langkah-langkah menutup kampus (Universitas Brawijaya), untuk gedung di Teknik Industri sementara diisolasi, karena belum ada kepastian anaknya terjangkit,” ucapnya.

Sebelumnya di media sosial dan pesan berantai beredar kabar adanya satu mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang diduga terjangkit korona. Pesan berantai tersebut mengakibatkan kekhawatiran sehingga sejumlah kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan lainnya ditiadakan sejak Jumat 13 Maret 2020.

Baca Juga : Mahasiswa UB Dikabarkan Dalam Pengawasan Korona, Begini Kata Pihak Kampus

Bahkan kegiatan kemahasiswaan di lingkup Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB) sejak Sabtu pagi hingga siang hari tak ada aktivitas berarti. Sejumlah lokasi tampak sepi tak terlihat aktivitas. Bahkan Gedung Jurusan Teknik Industri tampak terkunci dari depan.

 
 
”The ”The

Tinggalkan Balasan