BANJARBARBARU, KALTIM AMPUNKU – Dihadapan ribuan jemaah yang memadati lapangan Murjani, Banjarbaru, Kamis (12/3/2020) malam, Ustadz Abdul Somad atau UAS mengutarakan kekagumannya kepada ulama-ulama besar yang ada di Kalimantan Selatan. Diantaranya Datuk Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Gani.
 

Salah satu ulama asal Kalimantan Selatan yang dikagumi sebut UAS adalah KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Abah Guru Sekumpul. Menurut UAS, berkumpulnya jutaan umat muslim saat haul Abah Guru Sekumpul setiap tahunnya, sangatlah luar biasa. Di sela kekagumannya akan dua ulama besar Kalimantan itu, UAS mengajak jemaah membaca surah Al Fatihan khusus untuk Datuk Kalampayan dan Abah Guru Sekumpul.

UAS menyebut hadirnya ribuan umat muslim di lapangan Murjani malam ini, hanya sebagian kecil dari jemaah haul Sekumpul. Jemaah yang ada di sini sudah terbiasa dengan kehadiran jutaan jemaah haul yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun manca negara.

“Saat menuju acara, di jalan saya melihat kendaraan dan mobil sudah tersusun rapi. Ini bukti bahwa jemaah di Banjarbaru ini sudah terbiasa menyambut jutaan umat muslim saat haul,” katanya.

Di tengah tausiah, UAS mengungkapkan keinginannya untuk menghadiri acara haul Abah Guru Sekumpul. Namun, sering kali terbentur dengan padatnya jadwal.

Salah satu yang turut disampaikan UAS, yakni virus corona yang telah masuk di Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa banyak masyarakat yang takut berkumpul, setelah adanya beberapa warga negara Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Namun begitu, UAS melihat dengan mata kepala sendiri bahwa masyarakat kota Banjarbaru tidak menunjukan rasa takut itu. Buktinya, ribuan masyarakat berkumpul untuk menghadiri tablig akbar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru malam ini. Tidak lupa, ia juga mendoakan agar masalah virus ini dapat cepat diselesaikan

“Kondisi saat ini, semua orang takut berkumpul. Tapi yang saya lihat saya liat saat ini orang Banjarbaru ternyata tidak menunjukan rasa itu. Virus corona musnah semua. Karena orang Banjarbaru menyerahkan semuanya kepada Allah SWT,” tuturnya disambut ucapan amin oleh para jemaah.

UAS hadir dalam Tablig Akbar di lapangan Murjani, Kamis (12/3/2020) malam. foto: humpro banjarbaru

Tablig akbar yang dilaksanakan Pemerintah Kota ini merupakan salah satu rangkaian rangkaian Hari Jadi ke-21 Kota Banjarbaru tahun 2020. Nampak hadir mendampingi UAS, Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan Wakil Wali Kota Darmawan Jaya Setiawan, Sekda Banjarbaru H Said Abdullah, Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso dan Forkopimda lingkup Kota Banjarbaru.

 

”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan