”The ”The

Dalam foto tersebut terdapat tulisan berbunyi, “Udah Paham Donk Korban Selanjutnya” di bagian atas dan tulisan “Pria berkaos hitam positif corona” di bagian bawah.

 

KALTIM AMPUNKUJagat media sosial dihebohkan dengan foto yang menggambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk bersebelahan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Foto itu muncul dalam unggahan pemilik akun Facebook Lukman Nur Hakim, Minggu (15/3/2020).

Dalam foto tersebut terdapat tulisan berbunyi, “Udah Paham Donk Korban Selanjutnya” di bagian atas dan tulisan “Pria berkaos hitam positif corona” di bagian bawah.

Sementara untuk foto yang kedua, menampilkan wajah Presiden Jokowi yang dibubuhi tulisan, “Jika saya berbuat curang, Allah akan mengazab saya beserta para pendukung saya” 

Dalam dua unggahan tersebut, akun Lukman Nur Hakim kemudian menuliskan narasi:

“Semoga Allohu Ta Ala menjawab atas Permintaannya. Aamiin”

Tak lama setelah dibagikan, unggahan tersebut telah mendapat 37 komentar dan 2 kali dibagikan.

 
Foto Jokowi dan Menhub Budi Karya 'Siapa Korban Selanjutnya' (turnbackhoax.id)
Foto Jokowi dan Menhub Budi Karya ‘Siapa Korban Selanjutnya’ (turnbackhoax.id)

Benarkah Jokowi jadi korban selanjutnya seusai duduk bersebelahan dengan Menhub Budi Karya yang dinyatakan positif terjangkit virus corona?

BACA JUGA : Cek Fakta: Benarkah Pengguna Facebook Sudah Ramalkan Virus Corona di 2016?

BACA JUGA : Cek Fakta: Benarkah Pengguna Facebook Sudah Ramalkan Virus Corona di 2016?

 

Penjelasan

Hasil penelusuran turnbackhoax.id unggahan yang dibagikan tidak benar. Dua foto yang diunggah merupakan hasil manipulasi.

Pasalnya, diketahui foto pertama yang menampilkan Presiden Jokowi duduk bersebelahan dengan Menhub Budi Karya Sumadi merupakan dokumentasi lama.

Foto tersebut diabadikan pada Mei 2018, ketika kedua tokoh tersebut menerima kunjungan dari beberapa sopir truk di Istana Negara, Jakarta Pusat. Mengenai acara yang dihadiri keduanya juga sempat diberitakan lewat artikel Detik.com berjudul, “Sopir Truk Mengeluh ke Jokowi, Banyak Pungli dan Preman di Jalan”.

Foto Jokowi dan Menhub Budi Karya 'Siapa Korban Selanjutnya' (turnbackhoax.id)
Foto Jokowi dan Menhub Budi Karya ‘Siapa Korban Selanjutnya’ (turnbackhoax.id)

Sementara untuk foto kedua yang menampilkan Presiden Jokowi memakai jas dengan dasi merah juga merupakan hasil editan akun Facebook Lukman Nur Hakiman atas hasil opininya pribadi.

Foto Jokowi dan Menhub Budi Karya 'Siapa Korban Selanjutnya' (turnbackhoax.id)
Artikel “Sopir Truk Mengeluh ke Jokowi, Banyak Pungli dan Preman di Jalan”. (turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Konten yang dibagikan akun Facebook Lukman Nur Hakim palsu. Unggahan tersebut sengaja dimanipulasi sedemikian rupa untuk menipu sehingga masuk dalam kategori Misleading Content.

Faktanya, tidak ada kaitan antara unggahan dan status Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona.

[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”

Screenshot atau tampilan layar dari detik.com yang dibagikan akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir aslinya adalah bertajuk “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini” yang ditayangkan pada Minggu, 15 Maret 2020 pada pukul 15.05 WIB.

=====

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona,” unggah screenshot atau tampilan layar detik.com oleh akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir, Minggu (15/3).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir mengunggah screenshot atau tampilan layar dari media daring detik.com yang bertajuk “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”. Dalam unggahan tersebut, akun Facebook @putra.mussaffir menambahkan narasi “Ini beneran gak ya?,” tulisnya, Minggu (15/3).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, tampilan layar dan narasi yang diunggah akun @putra.mussaffir adalah tidak benar.

Diketahui tampilan layar itu adalah editan. Faktanya, pemberitaan detik.com pada Minggu (15/3), pukul 15.05, tajuknya adalah “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini”. Berikut isi lengkap beritanya:

“Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran menterinya mengecek kesehatan terkait virus Corona (COVID-19). Jokowi pun akan menjalani tes yang sama sore ini.

“Sore ini,” jawab Jokowi singkat melalui video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Sedari pagi tadi, jajaran menteri kabinet disebut Jokowi sudah dicek. Namun, untuk hasilnya, Jokowi meminta hal itu ditanyakan langsung ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Pagi ini telah dilakukan pengetesan untuk para menteri, hasilnya silakan tanya ke Menteri Kesehatan,” kata Jokowi.

Sejauh ini, Jokowi menyebut menteri yang sudah dinyatakan positif COVID-19 adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Jokowi mengatakan Budi saat ini masih menjalani isolasi di RSPAD Gatot Soebroto.

“Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) masih di rumah sakit, di ruang isolasi,” ucap Jokowi.”

Diketahui hingga artikel ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari Presiden Jokowi terkait hasil pemeriksaannya. Namun ada beberapa menteri dalam kabinet yang mengaku hasilnya negatif virus corona atau Cofid-19 seusai melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan hasil tes Cofid-19 di RSPAD akan keluar dalam 3 hingga 4 hari. “Hasilnya oke, tapi pemeriksaan yang lab 3-4 hari,” ujar Johnny usai melakukan pemeriksaan, di RSPAD, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020).

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/myUdM
2.https://web.facebook.com/photo.php?fbid=1101068246927396&set=a.156666558034241&type=3
3. https://news.detik.com/berita/d-4939909/presiden-jokowi-jalani-tes-virus-corona-sore-ini
4.https://news.detik.com/berita/d-4940015/menkominfo-tes-corona-di-rspad-hasilnya-3-4-hari?single=1
5.https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/menteri-menteri-jokowi-jalani-tes-infeksi-corona-bagaimana-hasilnya

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1136038700061997/

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita

”The ”The

Tinggalkan Balasan