”The ”The

INI cerita saat pengajian Al Allamah Al Arif Billah Syekh Muhammad Zaini Ghani atau Abah Guru Sekumpul.  Saat pengajiannnya masih di Keraton.  Diceritakan oleh KH M Ansyahari El Kariem.

KALTIM AMPUNKU –  Seorang Santri Darussalam,  kawan KH M Ansyahari El Kariem.  menceritakan saat pengajian Guru Zaini masih di Keraton. Kawan itu sering mengikuti pengajian Guru Zaini. Tapi dia memilih duduknya agak jauh dari jamaah lainnya.  Dia duduk di luar dan masih bisa mengikuti pengajian  Abah Guru Sekumpul. Alasannya supaya tidak mengantuk.  Dia sering memilih duduk di depan langgar  Darun Aman Keraton, yang jarangnya memang berdekatan dengan rumah Guru Zaini.

KH M Ansyahari El Kariem, sejak belia suka membaca maulid dan melantunkan qasidah ini sudah diperkenalkan sang ayah kepada banyak ulama di Martapura, terutama kepada Al Allamah Al Arif Billah Syekh Muhammad Zaini Ghani atau Guru Sekumpul.  Dan sering kali hadir di pengajian beliau sejak di Keraton hingga ke Sekumpul, hingga wafanya Sang Guru. Dia menulis buku 100 karamah dan kemulian Abah Guru Sekumpul.

Suatu hari, di saat pengajian dia membawa kacang. Dia duduk di bawah pohon sawo yang tumbuh di depan langgar.  Agar tidak ngantuk (alasannya),  sesekali dia mengunyah kacang saat pengajian berlangsung.

Namun tidak berapa lama, dari dalam rumah Abah Guru Zaini, yang saat itu sedang membacakan Kitab Tafsir terdengar suara : Tolong nang makan kacang di luar itu, bamandak dulu lah. Ini membaca kitabnya dulu nah”

Merasa dikasyaf Guru Zaini, ia langsung berhenti makan kacang.  Dia malu, karena semua mata memperhatikannya ke arahnya.

BACA JUGA : Mengenang Abah Guru Sekumpul (10), Sempat Mau Dibunuh Ketika Mengajar

BACA JUGA : UAS Kagumi Datuk Kelampayan dan Abah Guru Sekumpul, Ajak Jamaah Baca Al Fatehah

Kasyaf adalah salah satu bentuk karamah yang dikaruniakan Allah kepada para kekasihNya. … Kasyaf juga berarti Allah membukakan bagi seseorang untuk dapat melihat, mendengar, merasakan, dan mengetahui apa yang hendak bisa dilihat, didengar, dirasakan, dan diketahui oleh orang-orang biasa.

Penulis : Akhmad Zailani

Editor : Adella Azizah Maharani

”The ”The

Tinggalkan Balasan