”The ”The

Foto Wapres Ma’ruf yang diunggah akun Facebook Nomost atau @nomost.nomost.1 pada Jumat, 20 Maret 2020 adalah foto kunjungan kerja Wapres Ma’ruf ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau pada Jumat, 6 Maret 2020. Pada kunjungan kerja tersebut berdasarkan penelusuran dengan mesin pencari, tidak ditemukan pernyataan Wapres Ma’ruf yang mengatakan agar umat Islam Sholat Tobat untuk mengatasi virus corona.

=====

=====

NARASI:

“KH MARUF AMIN menghimbau kepada seluruh umat ISLAM di INDONESIA untuk melakukan sholat TOBAT supaya virus corona atau COVID19 agar cepat teratasi,” unggah akun Facebook Nomost atau @nomost.nomost.1, Jumat (20/3).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Nomost atau @nomost.nomost.1 mengunggah foto Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin yang mengenakan jas berwarna biru dengan kemeja berwarna putih dan kopiah berwarna hitam yang tengah nampak memberikan sambutan di podium.

Dalam unggahan itu, akun @nomost.nomost.1 menambahkan narasi yang intinya mengatakan bahwa Wapres Ma’ruf meminta kepada rakyat Indonesia untuk Sholat Tobat guna mengatasi virus Corona atau COVID-19. Berikut narasi lengkapnya:

“KH MARUF AMIN menghimbau kepada seluruh umat ISLAM di INDONESIA untuk melakukan sholat TOBAT supaya virus corona atau COVID19 agar cepat teratasi,” unggah akun Facebook Nomost atau @nomost.nomost.1, Jumat (20/3).

Selain itu, akun Facebook @nomost.nomost.1 juga menambahkan narasi sebagai berikut:

“anda dan teman teman yg harus taubat pak…
ingat harun masiku pak..?
ingat arif budiman pak….?
ngerti kan pak…? mengapa diumumkan tengah malam buta..!
dunia tau pak….
bapak dkk yg harus taubat nasuha..!,” tulis akun Facebook @nomost.nomost.1, Jumat (20/3).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, tidak ditemukan berita yang isinya seperti diklaim akun Facebook @nomost.nomost.1 bahwa Wapres Ma’ruf mengimbau seluruh umat Islam untuk Sholat Tobat guna mengatasi wabah COVID-19.

Selain itu, terkait foto Wapres Ma’ruf yang digunakan oleh akun Facebook @nomost.nomost.1 diketahui foto tersebut adalah foto dokumentasi Sekretariat Wakil Presiden yang ditayangkan oleh media daring republika.co.id pada artikel berujudul “Wapres Sebut Belum Ada Perubahan Persiapan Haji” pada Jumat, 6 Maret 2020.

Sementara diketahui dari website wapresri.go.id dan media daring antara.com, foto Wapres Ma’ruf tersebut adalah pada saat beliau kunjungan kerja ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau pada Jumat, 6 Maret 2020.

Berdasarkan kategori Misinformasi atau Disinformasi yang dibuat First Draft, maka unggahan akun Facebook @nomost.nomost.1 dapat dinilai sebagai False Content atau Konten yang Menyesatkan. Artinya ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

=====


KATEGORI: False Content

SUMBER: Media Sosial Facebook



REFERENSI:

1. https://archive.fo/wOyCj
2.https://web.facebook.com/groups/368080243748174/permalink/605269893362540/
3. https://republika.co.id/berita/q6rhsy396/wapres-sebut-belum-ada-perubahan-persiapan-haji
4. http://www.wapresri.go.id/page/6/

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1140589756273558/

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Kominfo Cabut Stempel Hoax soal Klorokuin Bisa Sembuhkan Virus Corona” , https://katadata.co.id/berita/2020/03/21/kominfo-cabut-stempel-hoax-soal-klorokuin-bisa-sembuhkan-virus-corona
Penulis: Ratna Iskana
Editor: Ratna Iskana

”The ”The

Tinggalkan Balasan