Ilustrasi pengecekan virus Corona atau Covid-19. Foto: Radar Bogor
 
 

Gejala baru positif virus corona terus berkembang, yakni tak hanya sekedar demam tinggi dan batuk terus-menerus tapi juga bintik merah disertai gatal.

 

KALTIM AMPUNKU – Persatuan Dermatolog-Venerolog (SNDV) Prancis, mengungkapkan bahwa ada gejala baru terkait infeksi virus corona baru (covid-19).

Artinya, selain demam, batuk dan sesak napas merupakan gejala umum, SNDV menemukan gejalu baru berupa kelainan di area kulit, lansir Nypost mengutip BGR.

Para ahli tersebut menyebut gejala covid-19 juga bisa terlihat di permukaan kulit, seperti radang, gatal-gatal dan kemerahan.

Baca Juga:

  • Hebatnya Indonesia: Sudah Meninggal, Pasien Positif Corona di Bantul Dinyatakan Sembuh

    Gejala baru positif virus corona terus berkembang, yakni tak hanya sekedar demam tinggi dan batuk terus-menerus tapi juga bintik merah disertai gatal. Temuan gejala baru ini diungkapkan oleh para ilmuan di Prancis.

    Persatuan Nasional Dermatologis-Venereologis Perancis (Syndicat national des dermato-vénérologues/SNDV) mengungkapkan gejala ini.

    Dalam keterangannya seperti dilansir dari Exprees.co.uk, Kamis (9/4/2020), lebih dari 400 dokter kulit menyaksikan bintik merah di tubuh pasien virus corona.

    Bintik-bintik merah gatal tersebut bisa sangat persisten, dan mungkin terlihat mirip dengan bekas radang dingin yang menyakitkan.

    Oleh karena itu, setiap pasien yang tiba-tiba menemukan bintik-bintik ini harus segera berbicara dengan dokter kulit.

    Itu penting untuk memastikan apakah bintik merah gatal itu merupakan gejala baru positif virus corona atau berkaitan dengan penyakit lainnya.

    “Ini adalah acrosyndromes, kemunculan kemerahan yang persisten, kadang-kadang menyakitkan, dan lesi urtikaria sementara. Analisis dari banyak kasus yang dilaporkan ke SNDV menunjukkan bahwa manifestasi ini dapat dikaitkan [dengan virus corona baru],” tulis pernyataan tersebut.

    Dalam pernyataan itu, SNDV menjelaskan bahwa gejala baru virus corona berupa bintik merah gatal dapat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu, ruam dapat muncul di mana saja pada tubuh.

    Beberapa pasien telah melaporkan bintik merah yang sangat gatal. Sementara yang lain melaporkan mendapat sensasi terbakar.

    SNDV mengimbau kepada para dokter yang mendapati pasien dengan bintik merah yang diiringi gatal untuk melakukan isolasi secara mandiri.

    Dengan gejala baru bintik merah gatal itu, pasien harus diisolasi tanpa harus menunggu tanda positif virus corona lainnya seperti gangguan pernapasan.

    Angka kasus virus corona terus meningkat. Hari ini tercatat sebanyak 1.508.224 orang terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan dalam ini. Adapun angka kematian sebanyak 88.280 orang dan yang sembuh 329.542 orang.

    Selama ini, orang yang positif Covid-19 teridentifikasi karena beberapa gejala utama seperti demam tinggi, pneumonia, dan sesak napas.

    Namun belakangan diketahui ada banyak orang tanpa gejala (OTG) yang ternyata juga positif terinfeksi virus corona.

    OTG kini diduga menjadi carrier atau pembawa virus dan berpotensi menularkan ke banyak orang tanpa disadari.

    Namun dengan munculnya gejala baru positif corona berupa bintik merah disertai gatal, bukan tidak mungkin gejala-gejala baru akan teridentifikasi.

     

Editor : Adella Azizah Maharani

”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan