Samarinda, KALTIM AMPUNKU– Walikota Samarinda H Syaharie Jaang mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda masih memerlukan banyak masker.  Ketua  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengaku saat ini masih mengumpulkan hasil produksi dari pengrajin lokal di Samarinda. Rencananya, sebelum ramadhan akan dibagikan 100 ribu masker gratis ke warga Samarinda.

“Kami upayakan untuk membeli masker hasil dari pelaku usaha lokal dan tersebar. Jadi tidak hanya mengutamakan satu pelaku usaha saja. Asal sesuai dengan kualitas yang diinginkan dan sanggup memproduksi banyak pasti kami beli,” kata Walikota Syaharie Jaang saat memimpin rakor penangganan Covid-19, di teras Rumah Jabatan, Minggu (12/04) malam.

5 PDP Samarinda Tak Satupun Akibat Transmisi Lokal, Semuanya Terjangkit dari Luar Samarinda


Menurut Walikota, memang ada pengrajin dari luar Samarinda yang mengajukan penawaran. Namun Walikota ingin memberdayakan pengrajin atau pelaku usaha warga Samarinda.

Walikota mempersilahkan pengrajin Samarinda ke kantor Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda di Jalan Sentosa. 

Syaharie Jaang sendiri tak sabar ingin segera membagikan masker ke masyarakat Samarinda. karena memang jadi kebutuhan penting dalam memerangi penyebaran Covid-19.

“Sengaja Walikota langsung turun membeli, karena sifatnya urgen. Sebenarnya ada juga yang menawari dari luar daerah, tapi kami ingin memberdayakan masyarakat Samarinda sendiri di tengah krisis dampak Covid-19 ini,” ungkap Syaharie Jaang usai kunjungan Dokter Printing Jl Wahid Hasyim 2 dan Zahra Collection Jl PM Noor, Sabtu (11/4) pagi.

Selain memesan langsung lanjut Jaang ada juga warga baik, UMKM, penjahit rumahan maupun konveksi yang langsung datang ke kantor BPBD di Jl Sentosa. Menurutnya, ini merupakan bentuk memberdayakan masyarakat.

“Kalau nganggur dan ada mesin jahit di rumah, bikin masker sendiri. Kemudian dijual ke kami. Tapi tentunya harganya yang sesuai juga,” pesan Jaang.

Pemkot Samarinda Butuh 100 Ribu, Siapapun yang Bisa Bikin Masker Ayo Tawarkan


Jaang mengatakan targetnya sebelum bulan Ramadhan akan dibagikan 100.000 masker melalui kecamatan kepada masyarakat yang memerlukan.

Kaltim Ampunku  ;Diberondong Ratusan Pertanyaan  Soal Walikota Samarinda Butuh 100 Ribu Masker, untuk Memberdayakan Warga Samarinda

“Bulan puasa nanti kita bagi lagi,” ungkap Jaang yang didampingi Anggota DPRD Kaltim Puji Setyowati, Kepala Dinas Perindustrian Muhammad Faisal dan Aji Dany dari BPBD Kota Samarinda.

Menurut Walikota dua periode ini, sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO penggunaan masker adalah untuk semua orang di tengah penyebaran pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona. Sebelumnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya untuk orang sakit dan orang yang merawat pasien. WHO menyatakan masker bedah untuk petugas medis, sementara masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain. 

KMF2/foto :diskominfo

Editor : Adella Azizah 

 

 

”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan