Dua hewan yang berbeda. Hewan yang di foto adalah anakan kubung sunda atau sering disebut Sunda Flying Lemur, Malayan Flying Lemur, atau Sunda Colugo, satu dari dua spesies anggota keluarga Cynocephalidae. Sementara hewan yang ada di video adalah sejenis hewan laut yang bernama Aplysia Fasciata, atau bahasa umumnya Mottled Sea Hare.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
Kategori : Konten yang Menyesatkan


 

Akun Paul Titihalawa (fb.com/paul.titihalawa.5) mengunggah sebuah foto dan video ke grup INDONESIA SEJATI (fb.com/groups/1748323928516621) dengan narasi sebagai berikut:

“Apakah Ini?
Binatang aneh sudah dua hari muncul di Pakanbaru.
Badannya seperti Kelelawar tapi Berenang di Air.
*Apakah ada yang faham & bisa menjelaskan ?*”

Di foto, tampak hewan yang memiliki dua tangan dan dua kaki, terdapat juga selaput mengelilingi tubuh seperti sayap. Sementara itu, video menampilkan beberapa hewan yang tampak sedang berenang.

Sumber : https://perma.cc/Y4PA-BX6T (Arsip)


 

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa hewan yang ada di foto dan video adalah binatang aneh yang badannya seperti kelelawar tapi berenang di air adalah klaim yang salah.

Hewan yang ada di foto itu adalah anakan kubung sunda atau sering disebut Sunda Flying Lemur, Malayan Flying Lemur, atau Sunda Colugo, satu dari dua spesies anggota keluarga Cynocephalidae.

Selain itu, foto anakan kubung sunda itu bukan foto yang diambil baru baru ini, foto itu setidaknya sudah ada sejak tahun 2017, diunggah ke situs imgur.com dengan narasi “Dragons are Real, No bamboozle: It’s a baby Coluga https://en.m.wikipedia.org/wiki/Colugo

Berdasarkan informasi dari Mongabay. Kubung Sunda atau walangkekes Cynocephalus variegatus merupakan mamalia yang memiliki kemampuan melayang mengagumkan. Ia dapat meluncur dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah layaknya terbang. Kemampuan ‘terbang’ ini dapat dilakukan karena kubung memiliki selaput tipis yang dapat dikembangkan dan saling terhubung pada empat kaki dan ekornya.

Penampakannya mirip dengan kostum olahraga wingsuit flying, olahraga ekstrim yang membuat manusia terbang di angkasa dengan menggunakan pakaian khusus yang disebut jumpsuit yaitu pakaian menyerupai sayap di bagian lengan dan selangkang penerjun.

Kubung Sunda merupakan binatang arboreal dan herbivora yang aktif di malam hari (nokturnal). Makanan kesukaannya adalah bagian-bagian tumbuhan yang lunak seperti tunas, bunga, dan buah-buahan.

Sementara hewan yang ada di video adalah sejenis hewan laut yang bernama Aplysia Fasciata, atau bahasa umumnya Mottled Sea Hare.

Mottled Sea Hare, atau yang dikenal sebagai Sooty Sea Hare atau Black Sea Hare adalah spesies dalam keluarga Aplysiidae dan dengan demikian termasuk dalam kelas Gastropoda. Dilansir dari Liputan6, sea hare bisa ditemukan di air dangkal dan di kolam batu di pantai rendah. Mereka biasa memakan rumput laut.

 

REFERENSI


https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4230958/cek-fakta-hoaks-kemunculan-hewan-aneh-di-pekanbaru-mirip-kelelawar-tapi-bisa-berenang
https://www.facebook.com/TurnBackHoax/posts/3086401878078988
https://imgur.com/gallery/reVEm
https://www.mongabay.co.id/2015/02/06/kubung-sunda-mamalia-melayang-yang-menginspirasi-olahraga-wingsuit-flying/
https://www.diving-canary-islands.com/en/mottled-sea-hare-aplysia-fasciata/
http://www.seaslugforum.net/find/seahares

tumbackhoax.id

Editor : D. Syarifah Mahadewi

CEK FAKTA : Benarkah Wapres Ma’ruf Amin Himbau Umat Islam Sholat Tobat Agar Virus Corona Cepat Teratasi

”The ”The ”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan