Cek Fakta: Sitkom Bajaj Bajuri Sudah Prediksi Adanya Virus Corona Sejak 17 Tahun Lalu?

 

 
TANGKAPAN layar cuplikan episode 205 sitkom Bajaj Bajuri.* /
 
 

Narasi:

WhatsApp: “Di Tahun 2002, ada sebuah cuplikan Dlm salah satu episode Bajay bajuri Tentang penyakit menular yg berasal dari China

Semua orang sudah pakai masker,  dan orang yang diduga kena penyakit menular harus dikarantina.

Saat itu kita hanya menontonnya sebagai cerita biasa

18 Tahun kemudian, kisah itu Identik dgn apa yg kita rasakan sekarang

Tanpa sadar kita kadang sudah diperlihatkan tanda² nya”

Twitter: “we’ve been warned 17 years ago”


 

Situs Turn Back Hoax memberikan penjelasan serta fakta-fakta yang telah terkumpul terkait informasi yang menyebutkan bahwa sinetron komedi (sitkom) Bajaj Bajuri sudah memprediksi adanya virus corona sejak 17 tahun lalu. 

Dalam video lengkapnya yang diunggah akun Youtube Bang Rose, pada episode tersebut menceritakan Ucup yang memiliki gejala yang sama dengan pasien yang mengidap virus SARS. 

Namun, setelah melakukan penelusuran, ternyata informasi tentang virus corona sudah diprediksi sejak 17 tahun lalu di sitkom Bajaj Bajuri adalah hoaks dan termasuk kategori konten yang dimanipulasi.

Ternyata potongan video tersebut merupakan video sitkom Bajaj Bajuri pada episode 205 yang berjudul “Katakan Saja Ogah Berpuasa”. Dalam episode tersebut terlihat Said (Fanny Fadillah) dan Oneng (Rieke Diah Pitaloka) tengah membahas virus SARS yang pada tahun 2002 tengah melanda Tiongkok.

Dalam video tersebut Ucup menjadi pasien yang harus menjalani karantina, namun Ucup menolak hal tersebut.

Selain itu, dalam video tersebut juga memperlihatkan jika Emak (Nanny Wijaya) pun terkena gejala yang sama setelah melakukan kontak langsung dengan Ucup.

Kabar yang sudah beredar luas di media sosial pertama kali disebarluaskan oleh akun bernama Dana Raditya @pleasedpeople dengan narasi “We’ve been warned 17 years ago”.

Dalam unggahannya, Dana Raditya menampilkan sebuah cuplikan video yang telah dijelaskan fakta sebenarnya di atas.

Sementara untuk di Whatsapp, kabar tersebut entah oleh siapa disebarluaskannya. Isi pesan yang beredar luas sebagai berikut.

“Di Tahun 2002, ada sebuah cuplikan dalam salah satu episode Bajay Bajuri tentang penyakit menular yang berasal dari Tiongkok.

“Semua orang sudah pakai masker, dan orang yang diduga kena penyakit menular harus dikarantina. Saat itu kita hanya menontonnya sebagai cerita biasa. 17 tahun kemudian, kisah itu identik dengan apa yang kita rasakan sekarang,” isi pesan berantai di Whatsapp.

Dalam pesan berantai itu pun dikatakan bahwa tanpa disadari bahwa kita semua sudah diperlihatkan tanda-tanda adanya virus yang berasal dari Tiongkok.

Untuk itu, informasi yang menyebutkan bahwa sinetron komedi (sitkom) Bajaj Bajuri sudah memprediksi adanya virus corona sejak 17 tahun lalu dikategorikan hoaks atau tidak benar.

Referensi:

https://hai.grid.id/read/072147684/bajaj-bajuri-diduga-ramalkan-virus-corona-2020-pada-15-tahun-lalu-begini-faktanya?page=all

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5012564/heboh-ramalan-bajaj-bajuri-dan-cocoklogi-virus-corona

https://www.ayobandung.com/read/2020/05/11/88943/bajaj-bajuri-ramalkan-virus-corona-sejak-15-tahun-lalu-ini-faktanya

https://merahputih.com/post/read/hoaks-atau-fakta-sitkom-bajaj-bajuri-ramalkan-corona-sejak-17-tahun-lalu

”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan