Poster ajang “The Writer’s Show” Gramedia Writing Project (GWP)

Kaltimampunku.com – Penerbit Buku Kompas melalui platform menulis Gramedia Writing Project (GWP) mengadakan ajang pencarian bakat penulis Indonesia, “The Writer’s Show”.

Ajang ini diharapkan bisa menghasilkan penulis-penulis berbakat baru di Indonesia. Nantinya, ada enam penerbit dari Gramedia, menghadirkan enam editor sebagai mentor sekaligus editor bagi tiap peserta yang berpartisipasi.

Ajang ini terbuka untuk umum bagi siapa pun yang memiliki naskah dan berkeinginan untuk diterbitkan dalam bentuk buku cetak dan digital.

Proses seleksi peserta dimulai dari registrasi dan pengunggahan naskah yang dilaksanakan pada 2 Juni 2020 hingga 31 Juli 2020. Jenis karya bisa berupa novel, kumpulan cerpen dan puisi dengan tema dan genre bebas, namun tidak vulgar dan menyinggung SARA.

Panitia mematok panjang naskah antara 100-300 halaman dengan format font Times New Roman, ukuran 12 dan spasi 1,5. Calon peserta hanya perlu registrasi pada link https://gwp.id/lomba-gwp dan mengunggah naskahnya di www.gwp.id

Peserta yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Kelas Menulis secara berkala terkait penulisan novel bersama para mentornya.

Penulis terbaik akan diberikan fasilitas untuk mengadakan peluncuran bukunya, juga diikutsertakan ke berbagai National & International Book Fair di tahun 2021.

Gramedia sediakan e-book gratis

Gramedia sediakan e-book gratis
Ilustrasi ebook. (Pixabay)

Penerbit Gramedia Pustaka Utama memberikan akses gratis ke beberapa judul buku versi digital (e-book) keluaran mereka pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah di Indonesia.

“Saat ini, kita seperti sedang berada di satu perahu. Dalam analogi perahu itu, tak ada cara lain yang bisa kita lakukan selain bekerja sama dan berbagi. Gelombang untuk saling berbagi itu semakin lama semakin besar,” kata Manajer Bidang Nonfiksi Gramedia Pustaka Utama, Andi Tarigan, dalam keterangan pers, dikutip Kamis.

“Oleh karena itu, kami bersama para penulis ikut masuk dalam gelombang itu dengan berbagi apa yang kami miliki. Salah satunya dengan membuat program baca ebook gratis melalui aplikasi Gramedia Digital ini,” kata Andi Tarigan.

Program e-book gratis ini berlangsung mulai 26 April hingga 2 Mei, dan akan berjalan selama tiga pekan. Rencananya setiap pekan akan ada enam ebook yang digratiskan, baik novel, buku anak, maupun buku nonfiksi.

Gramedia melihat ada kemungkinan program ini akan diperpanjang.

Pembaca harus memiliki akun di aplikasi Gramedia Digital, baik bagi pengguna ponsel Android maupun iOS, untuk bisa mengakses layanan gratis ini.

Pekan ini, buku yang digratiskan adalah dua buku anak berjudul “Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri” karya Watiek Ideo dan “Petualangan Peoni & Neko: Beruang dan Sahabatnya” dari Renny Yaniar.

Dua ebook nonfiksi yang bisa dibaca secara cuma-cuma adalah buku pengembangan diri “Making Hope Happen: Kekuatan Harapan untuk Mengubah Masa Depan” karya Shane J. Lopez dan buku bisnis “Momentum: 18 Kunci Utama Penggerak Bisnis” dari penulis Hermawan Kartajaya.

Sementara untuk novel, ada “Petualangan Sherlock Holmes” karya Sir Arthur Conan Doyles dan “Tokyo dan Perayaan Kesedihan” dari Ruth Priscillia Angelina.

Aplikasi Gramedia Digital saat ini memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna.

Santi/Antaranews

”The ”The ”The ”The ”The ”The

Tinggalkan Balasan